Skip to main content

Haramkah kain sutra?

Assalamualaikum ustadz
Mohon dibahas mengenai haramnya sutra bagi laki-laki. Ada yang menyatakan bahwa hukum larangan menggunakan sutra itu makruh bukan haram dengan alasan :
1. Hadits mengenai haramnya sutra ma’lul.
2. Bahwa Nabi -sholallahu alaihi wassalam- pernah melihat sahabat yang menggunakan sutra tetapi tidak melarang.
3. Ada sahabat yang menggunakan imamah berwarna hitam dari sutra tapi tidak dilarang oleh Nabi -shalallahu alaihi wassalam-.
Jazakallahu khair

JAWABAN:
Waalaikum salam warohmatulloh…
Bismillaah… Walhamdulillaah… Was sholaatu was salaamu alaa Rosuulillaah… wa alaa aalihii wa shohbihii wa maw waalaah…
Berikut poin-poin uraian tentang masalah “Kain Sutra”, yang sekaligus bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas…
PERTAMA:
SUTRA yg dimaksud dalam hadits-hadits Nabi -shollallohu alaihi wasallam- adalah sutra yang dibuat dari kepompong yg dihasilkan oleh ulat sutra…
Syeikh Utsaimin -rohimahulloh- mengatakan:
والمراد بالحرير هنا الحريرُ الطبيعي دون الصناعي، والحرير الطبيعي يخرج من دودة تُسمَّى «دودة القَزِّ» وهو غالٍ وناعم.
Yang dimaksud dengan “sutra” di sini adalah sutra yg alami, bukan sutra buatan. Sutra yg alami itu dihasilkan oleh ulat yg disebut ulat sutra, sutra jenis ini mahal dan halus.
Begitu pula Syeikh Albani -rohimahulloh-, beliau mengatakan:
واعلم أن الحرير المحرم إنما هو الحرير الحيواني المعروف في بلاد الشام بالحرير البلدي وأما الحرير النباتي المصنوع من ألياف بعض النباتات، فليس من التحريم في شيء
Ketahuilah, bahwa sutra yg diharamkan hanyalah sutra yg dihasilkan oleh hewan (ulat sutra), yg dikenal di Negeri Syam dg sebutan harir baladi. Adapun sutra sintesis yg terbuat dari serat sebagian tumbuhan, maka sama sekali tidak diharamkan. (Silsilah Shohihah: 1/738)
Hal ini senada dengan keterangan ahli bahasa arab:
قال الليث: الْحَرِير ثِيَاب من إبريسم (تهذيب اللغة 3/276)… وقال الأزهري: القَزُّ هُوَ الَّذِي يُسوّى مِنْهُ الإبريسم (تهذيب اللغة 8/214).
Al-Laits mengatakan: Sutra adalah pakaian yg terbuat dari Ibrisam. (Tahdzibul Lughoh 3/276)… Al-Azhari mengatakan: Ulat sutra adalah ulat yg digunakan untuk membuat Ibrisam. (Tahdzibul Lughoh 8/214)
قال في المعجم الوسيط: (الْحَرِير) الْخَيط الدَّقِيق تفرزه دودة القز، و(الْحَرِير الصناعي) ألياف تتَّخذ من عجينة الْخشب أَو نسالة الْقطن
Penyusun kamus Al-Mu’jamul Wasith menyebutkan: “Sutra” adalah benang halus yg dikeluarkan oleh ulat sutra, sedangkan “sutra buatan” adalah serat-serat kain yg terbuat dari bubuk kayu atau dari bulu kapas.
KEDUA:
Beberapa Ulama telah menukil IJMA’ tentang haramnya kain sutra bagi laki-laki:
قال ابن عبد البر: وأجمع السَّلَفُ وَالْخَلَفُ مِنَ الْعُلَمَاءِ عَلَى أَنَّهُ إِذَا كَانَ الثَّوْبُ حَرِيرًا كُلُّهُ فَإِنَّهُ لَا يَجُوزُ لِلرِّجَالِ لِبَاسُهُ
Ibnu Abdil Barr -rohimahulloh- (w 463 H) mengatakan: Ulama Salaf dan Kholaf telah IJMA’ (sepakat): bahwa jika pakaian seluruhnya terbuat dari sutra, maka kaum laki-laki tidak boleh mengenakannya. (Alistidzkar 8/323)
قال ابن قدامة: وَلَا نَعْلَمُ فِي تَحْرِيمِ لُبْسِ ذَلِكَ عَلَى الرِّجَالِ اخْتِلَافًا، إلَّا لِعَارِضٍ، أَوْ عُذْرٍ.
Ibnu Qudamah -rohimahulloh- (w 620 H) mengatakan: Kami tidak mengetahui adanya khilaf dalam masalah haramnya memakai sutra bagi kaum laki-laki, kecuali karena suatu keadaan (yg membolehkannya) atau karena ada udzur.
قال النووي: ثُمَّ انْعَقَدَ الْإِجْمَاعُ عَلَى إِبَاحَتِهِ لِلنِّسَاءِ وَتَحْرِيمِهِ عَلَى الرِّجَالِ.
Imam Nawawi -rohimahulloh- (w 676 H) mengatakan: Setelah itu para ulama IJMA’ (sepakat) tentang bolehnya (sutra) bagi kaum wanita, dan haramnya (sutra) bagi kaum laki-laki. (Syarah Shohih Muslim 14/33)
وقال ابن تيمية: ولبس الحرير حرام على الرجال بسنة رسول الله صلى الله عليه وسلم وإجماع العلماء
Ibnu Taimiyyah -rohimahulloh- (w 728 H) mengatakan: Memakai sutra itu haram bagi kaum laki-laki berdasarkan haditsnya Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- dan Ijma’nya para ulama. (Majmu’ul Fatawa 22/143)
KETIGA:
Dalil dari hadits yg mendukung IJMA’ tentang haramnya sutra bagi laki-laki sangatlah banyak, berikut saya sebutkan sebagiannya, beserta sisi pengambilan dalilnya:
(1)  عن عبد الله بن عمر عن أبيه: قال رسول الله ع: «إنما يلبس الحرير من لا خلاق له» . متفق عليه. (صحيح البخاري: 6081, وصحيح مسلم: 2069) وفي رواية: مَنْ لَبِسَ الْحَرِيرَ فِي الدُّنْيَا فَلَا خَلَاقَ لَهُ فِي الْآخِرَةِ (سنن النسائي: 5306, وصححه الألباني).
Dari Abdulloh bin Umar, dari ayahnya: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- bersabda: “Orang yg memakai sutra adalah orang yg tidak memiliki bagian (pahala di akhirat)”. (HR. Bukhori: 6081, Muslim: 2069). Dalam riwayat lain dengan redaksi: “Barangsiapa memakai sutra di dunia, maka ia tidak memiliki bagian (pahala) di akhirat”. (HR. Nasa’i: 5306, dan dishohihkan oleh Syeikh Albani).
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini terdapat ancaman bagi mereka yg memakai sutra, dan syariat tidak mengancam melainkan pada sesuatu yg dilarang, sedangkan larangan pada dasarnya menunjukkan keharaman.
(2)  عن أنس بن مالك وابن الزبير وعمر بن الخطاب وأبي أمامة وأبي هريرة رضي الله عنهم: قال رسول الله ع: «من لبس الحرير في الدنيا لم يلبسه في الآخرة» . متفق عليه. (صحيح البخاري: 5832, 5833, 5834. وصحيح مسلم: 2073, 2074, ومستدرك الحاكم: 7216).
Dari Anas bin Malik, Ibnuz Zubair, Umar bin Khottob, dan Abu Umamah: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- bersabda: Barangsiapa memakai sutra di dunia, maka ia takkan memakainya di akhirat. (HR. Bukhori: 5832, 5833, 5834. Muslim: 2073, 2074. Al-Hakim: 7216).
Sisi pengambilan dalil: Sama dengan hadits sebelumnya.
(3)  عن حذيفة بن اليمان رضي الله عنه: قال رسول الله ع: لَا تَلْبَسُوا الْحَرِيرَ وَلَا الدِّيبَاجَ وَلَا تَشْرَبُوا فِي آنِيَةِ الذَّهَبِ وَالْفِضَّةِ وَلَا تَأْكُلُوا فِي صِحَافِهَا فَإِنَّهَا لَهُمْ فِي الدُّنْيَا وَلَنَا فِي الْآخِرَةِ. متفق عليه. (رواه البخاري: 5426, ومسلم: 2067)
Dari Hudzaifah bin Yaman: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- bersabda: janganlah kalian memakai sutra dan dibaj(pakaian yg terbuat dari sutra murni), jangan pula kalian minum dari wadah yg terbuat dari emas dan perak, dan jangan pula kalian makan dari tempat yg terbuat dari perak, karena itu semua untuk mereka (yg kafir) di dunia, dan untuk kita di akhirat. (HR. Bukhori: 5426, HR. Muslim: 2067).
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini terdapat larangan memakai sutra, dan pada dasarnya larangan itu menunjukkan keharaman, hal ini dikuatkan dg disebutkannya ancaman di akhir hadits bagi mereka yg memakainya.
(4)  عن عُمَرَ بْنَ الْخَطَّابِ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ ع: لَا تَلْبَسُوا الْحَرِيرَ، فَإِنَّهُ مَنْ لَبِسَهُ فِي الدُّنْيَا لَمْ يَلْبَسْهُ فِي الْآخِرَةِ. (رواه مسلم: 2069)
Dari Umar bin Khottob: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- bersabda: Janganlah kalian memakai sutra, karena barangsiapa memakainya di dunia, niscaya ia takkan memakainya di akhirat. (HR. Muslim: 2069)
Sisi pengambilan dalil: Sama dengan hadits sebelumnya.
(5)  عن حذيفة بن اليمان رضي الله عنه قال: نهانا النبي ع أن نشرب في آنية الذهب والفضة، وأن نأكل فيها، وعن لبس الحرير والديباج، وأن نجلس عليه. (رواه البخاري: 5837)
Hudzaifah bin Yaman mengatakan: Nabi -shollallohu alaihi wasallam- telah melarang kami untuk makan dan minum dari tempat yg terbuat dari emas dan perak, beliau juga melarang kami memakai sutra dan dibaj serta duduk di atasnya. (HR. Bukhori: 5837).
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini terdapat larangan memakai sutra, dan pada dasarnya larangan itu menunjukkan keharaman.
(6)  عن البراء بن عازب: نهانا عن آنية الفضة وخاتم الذهب والحرير والديباج والقَسِّي والإستبرق (رواه البخاري: 1163).
Dari Baro’ bin Azib: “Nabi -shollallohu alaihi wasallam- melarang kami menggunakan tempat makan-minum yg terbuat dari perak, mengenakan cincin emas, kain sutra, dibajqossiy (pakaian yg terbuat dari kain campuran sutra dan katun), dan istabroq (pakaian dg sutra yg tebal). (HR. Bukhori: 1163)
Sisi pengambilan dalil: sama dengan hadits sebelumnya.
(7)  عن أبي عامر, أو أبي مالك الأشعري رضي الله عنهما: قال رسول الله ع سيأتي على أمتي زمان يستحلون فيه الحر والحرير والخمر والمعازف (رواه البخاري 5590).
Dari Abu Amir, atau Abu Malik Al-Asy’ari: Rosululloh -shollallohu alahi wasallam- bersabda: Umatku akan sampai pada suatu zaman, dimana ada banyak orang yg mengahalalkan perzinaan, sutra, khomr (sesuatu yg memabukkan), dan alat musik. (HR. Bukhori: 5590).
Sisi pengambilan dalil:
(1) Alur hadits ini menunjukkan celaan bagi mereka yg “mengahalalkan sutra”, dan celaan tidaklah ada kecuali pada sesuatu yg terlarang.
(2) Ketika syariat mencela suatu perbuatan, itu berarti perintah untuk melakukan yg sebaliknya, dan lawan perbuatan “menghalalkan” adalah perbuatan “mengharamkan”, itu artinya kita diperintahkan untuk mengharamkan sutra.
(3) Kata-kata “menghalalakan” menunjukkan bahwa hukum asalnya adalah haram, kemudian mereka menghalalkannya.
(8)  عن علي رضي الله عنه قال: رأيت رسول الله أخذ حريرا، فجعله في يمينه، وذهبا فجعله في شماله، ثم قال: «إن هذين حرام على ذكور أمتي» . رواه أبو داود: 4057 والنسائي: 5144, وابن ماجه: 3595, وصححه الألباني في غاية المرام (ص 64)
Ali bin Abi Tholib berkata: Aku pernah melihat Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- meletakkan sutra di tangan kanannya, dan emas di tangan kirinya, lalu beliau bersabda: “Sesungguhnya dua benda ini diharamkan atas umatku yg laki-laki” (HR. Abu Dawud: 4057, Annasa’i: 5144, Ibnu Majah: 3595. Hadits ini dishohihkan oleh Syeikh Albani dalam kitabnya Ghoyatul Marom, hal: 64).
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini ditegaskan bahwa sutra diharamkan atas kaum laki-laki dari umat Muhammad -shollallohu alaihi wasallam-… Dan penyebutan “kaum laki-laki” dalam hadits ini, menunjukkan bahwa hukum haramnya sutra khusus bagi kaum laki-laki, sehingga ia dibolehkan bagi kaum perempuan.
(9)   عَنْ أَنَسٍ، قَالَ: «رَخَّصَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِلزُّبَيْرِ وَعَبْدِ الرَّحْمَنِ فِي لُبْسِ الحَرِيرِ، لِحِكَّةٍ بِهِمَا»
Anas mengatakan: Nabi -shollallohu alaihi wasallam- telah memberikan keringanan kepada Abdurrohman bin Auf dan Az-Zubair untuk memakai baju dari sutra karena sakit kudis yg diderita keduanya. (HR. Bukhori: 5839, Muslim: 2076).
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini disebutkan bahwa Nabi -shollallohu alaihi wasallam- memberikan keringanan memakai sutra kepada sebagian sahabatnya karena adanya udzur (sakit kudis)… Dan keringanan untuk melakukan sesuatu tidak akan diberikan kecuali pada sesuatu yg asalnya tidak dibolehkan.
(10)         عن عمر: إِنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَهَى عَنْ لَبُوسِ الْحَرِيرِ، قَالَ: إِلَّا هَكَذَا، وَرَفَعَ لَنَا رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِصْبَعَيْهِ الْوُسْطَى وَالسَّبَّابَةَ وَضَمَّهُمَا. (متفق عليه)… وفي رواية: نهى نبي الله صلى الله عليه وسلم عن لبس الحرير إلا موضع إصبعين، أو ثلاث، أو أربع. (رواه مسلم)
Dari Umar: sesungguhnya Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- telah melarang mengenakan pakaian sutra, kecuali yang (kadarnya) seperti ini, dan Rosululloh  -shollallohu alaihi wasallam- pun memperlihatkan kepada kami kedua jarinya; jari tengah dan jari telunjuk, dan beliau merapatkannya. (HR. Muslim: 2069, Bukhori: 5828)… Dalam Riwayat lain redaksinya: Nabi -shollallohu alaihi wasallam- telah melarang memakai sutra, kecuali sebatas dua jari, atau tiga jari, atau empat jari. (HR. Muslim: 2069)
Sisi pengambilan dalil: Dalam hadits ini ada larangan memakai sutra, dan pada dasarnya larangan itu menunjukkan keharaman… Hadits ini juga menunjukkan bahwa kaum laki-laki boleh memanfaatkan sutra sebagai penghias pakaian selama masih dalam batasan lebarnya empat jari.
KEEMPAT:
Sahabat yg meriwayatkan hadits mengenai haramnya sutra bagi laki-laki sangatlah banyak, ini menunjukkan betapa besarnya perhatian mereka terhadap masalah ini… Simaklah nukilan berikut:
قال الترمذي: وَفِي البَاب عَنْ عُمَرَ، وَعَلِيٍّ، وَعُقْبَةَ بْنِ عَامِرٍ، وَأَنَسٍ، وَحُذَيْفَةَ، وَأُمِّ هَانِئٍ، وَعَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْرٍو، وَعِمْرَانَ بْنِ حُصَيْنٍ، وَعَبْدِ اللهِ بْنِ الزُّبَيْرِ، وَجَابِرٍ، وَأَبِي رَيْحَانَةَ، وَابْنِ عُمَرَ، وَالبَرَاءِ, وواثلة بن الأسقع. (سنن الترمذي: 1720).
Imam Tirmidzi mengatakan: Dalam bab (haramnya sutra bagi laki-laki) ini, terdapat riwayat dari: (1) Umar, (2) Ali, (3) Uqbah bin Amir, (4) Anas, (5) Hudzaifah, (6) Ummu Hani’, (7) Abdulloh bin Amr, (8) Imron bin Hushoin, (9) Abdulloh bin Zubair, (10) Jabir, (11) Abu Roihanah, (12) Ibnu Umar, (13) Al-Baro, dan (14) Watsilah bin Asqo’. (Kitab Sunan Tirmidzi, hal: 401, hadits no: 1720)
Saking banyaknya hadits yg menunjukkan haramnya sutra bagi laki-laki, sehingga beberapa ulama memasukkannya dalam kategori hadits MUTAWATIR, berikut nukilan-nukilan dari para ulama tentang hal ini:
قال الطحاوي: فَفِي هَذِهِ الْآثَارِ الْمُتَوَاتِرَةِ, النَّهْيُ عَنْ لُبْسِ الْحَرِيرِ.
Ath-Thohawi: “Dalam hadits-hadits yg mutawatir ini, terdapat larangan memakai sutra”. (Syarh Ma’anil Atsar 4/247)
قال علي القاري: في المحيط من أنكر الأخبار المتواترة في الشريعة كفر مثل حرمة لبس الحرير على الرجال
Ali Alqori: “Dalam kitab Al-Muhith disebutkan: Barangsiapa mengingkari hadits-hadits mutawatir dalam syari’at, maka ia kafir, misalnya: (hadits yg menerangkan) haramnya memakai sutra bagi laki-laki”. (Syarhusy Syifa 2/426)
قال صاحب عون المعبود: وإنما جاءت الأخبار المتواترة في تحريم الذهب والحرير على الرجال
Pengarang kitab Aunul Ma’bud: “Sesungguhnya telah datang hadits yg mutawatir tentang haramnya emas dan sutra bagi laki-laki”. (Aunul Ma’bud 11/190)
قال الألباني: واعلم أن الأحاديث في تحريم لبس الحرير، وشرب الخمر، والشرب في أواني الذهب والفضة، هي أكثر من أن تحصر
Syeikh Albani: “Ketahuilah, bahwa hadits-hadits mengenai haramnya memakai sutra, meminum khomr, dan minum dari tempat yg terbuat dari emas dan perak, itu tak terhitung banyaknya”. (silsilah shohihah 1/737)
KELIMA:
Perlu diketahui juga bahwa: sutra di awal Islam dihalalkan, kemudian setelah itu diharamkan, oleh karenanya Nabi -shollallohu alaihi wasallam- pernah memakainya, sebagaimana ditunjukkan hadits-hadits berikut ini:
عن جَابِر بْنَ عَبْدِ اللَّهِ: لَبِسَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا قَبَاءً مِنْ دِيبَاجٍ أُهْدِيَ لَهُ، ثُمَّ أَوْشَكَ أَنْ نَزَعَهُ، فَأَرْسَلَ بِهِ إِلَى عُمَرَ بْنِ الْخَطَّابِ، فَقِيلَ لَهُ: قَدْ أَوْشَكَ مَا نَزَعْتَهُ يَا رَسُولَ اللَّهِ. فَقَالَ: نَهَانِي عَنْهُ جِبْرِيلُ. (رواه مسلم: 2070)
Dari Jabir bin Abdillah: Suatu hari Nabi -shollallohu alaihi wasallam- pernah memakai qoba’ (jenis pakaian luar) dari sutra murni yg dihadiahkan kepadanya, tapi tidak lama setelah itu beliau menanggalkannya, kemudian beliau berikan kepada Umar bin Khottob. Beliau ditanya: Rosululloh, Mengapa engkau segera menanggalkannya? Beliau menjawab: “Jibril telah melarangku memakainya”. (HR. Muslim: 2070)
عن عقبة بن عامر قال: أهدي لرسول الله صلى الله عليه وسلم فرُّوج حرير فلبسه، ثم صلى فيه، ثم انصرف فنزعه نزعًا شديدًا كالكاره له ثم قال: لا ينبغي هذا للمتقين
Uqbah bin Amir mengatakan: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- pernah dihadiahi farruj (qoba’ atau pakaian luar yg ada belahan di bagian belakangnya) dari sutra, lalu beliau memakainya, dan sholat dengannya, kemudian setelah selesai (dari sholatnya) beliau menanggalkannya dengan cara kasar, seakan beliau membencinya, lalu beliau mengatakan: tidak selayaknya ini (dipakai) oleh orang-orang yg bertaqwa.
عن أنس بن مالك رضي الله عنه: «أن أكيدر دومة أهدى إلى رسول الله صلى الله عليه وسلم جبة سندس أو ديباج شك فيه سعيد قبل أن ينهى عن الحرير، فلبسها، فتعجب الناس منها فقال: والذي نفس محمد بيده لمناديل سعد بن معاذ في الجنة أحسن منها»
Dari Anas bin Malik: Bahwa Ukaidir Dumah pernah menghadiahkan kepada Rosululoh -shollallohu alaihi wasallam- jubahsundus (sutra yg tipis) atau jubah dibaj (sutra yg tebal), sebelum ada larangan memakai sutra, Lalu beliau memakainya, dan orang-orang pun merasa kagum, maka beliau mengatakan: “Demi Dzat yg nyawa Muhammad berada di tangan-Nya, sungguh sapu tangannya Sa’ad bin Mu’adz di surga lebih bagus darinya”.
KEENAM:
Setelah mengetahui uraian ini, mari kita menjawab 3 pertanyaan di atas:
1. Apakah hadits mengenai haramnya sutra ma’lul (memiliki cacat)?
Tidak benar, sebaliknya hadits mengenai haramnya sutra bagi laki-laki adalah hadits yg tidak diragukan lagi keshohihannya, bahkan ia termasuk dalam kategori hadits mutawatir sebagaimana ditegaskan oleh para ulama.
Bagaimana mungkin hadits mengenai haramnya sutra itu ma’lul, padahal banyak dari hadits-hadits tersebut diriwayatkan oleh Imam Bukhori dan Imam Muslim (muttafaqun alaih)?! Bagaimana mungkin hadits-hadits tersebut dinyatakan ma’lulpadahal ia telah mencapai derajat mutawatir?!
Mungkin orang yg mengatakan bahwa hadits mengenai haramnya sutra bagi laki-laki ma’lul berdalil dg nukilan berikut ini:
قال أبو حاتم: خبر سعيد بن أبي هند عن أبي موسى في هذا الباب معلول لا يصح. (صحيح ابن حبان بترتيب ابن بلبان 12/250).
Abu Hatim mengatakan: Hadits riwayat Sa’id bin Abu Hind dari Abu Musa dalam bab ini ma’lul dan tidak shohih
Akan tetapi yg perlu digaris-bawahi di sini: bahwa perkataan Abu Hatim tersebut hanyalah pada hadits Abu Musa saja, bukan pada semua hadits mengenai haramnya sutra bagi laki-laki… inilah hadits yg dimaksud tersebut:
عن سعيد بن أبي هند, عن أبي موسى الأشعري رضي الله عنه: أن رسول الله  ع قال: «حرم لباس الحرير والذهب على ذكور أمتي، وأحل لإناثهم» . رواه الترمذي:1720، وقال: حديث حسن صحيح. وصححه الألباني في إرواء الغليل (1/305).
Dari Said bin Abu Hind, dari Abu Musa Al-Asy’ari: Sesungguhnya Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- telah bersabda: Pakaian sutra diharamkan atas umatku yg laki-laki, dan dihalalkan untuk umatku yg permpuan. (HR. Tirmidzi: 1720, dan beliau mengatakan: hadits ini hasan shohih)
Dan illat yg dimaksud adalah terputusnya sanad tersebut, syeikh Albani mengatakan:
رجاله ثقات رجال الشيخين غير أنه منقطع, لأن ابن أبى هند لم يسمع من أبى موسى شيئا, كما قال الدارقطنى, وتبعه الحافظ فى “الدراية” وغيره.
Perowi-perowi hadits itu tsiqot (tepercaya), mereka adalah perowi-perowinya Syaikhoin (Bukhori dan Muslim), hanya saja sanadnya terputus, karena Ibnu Abi Hind tidak pernah mendengar satu hadits pun dari Abu Musa, sebagaimana dikemukakan oleh Addaruqutni, Alhafizh Ibnu Hajar dalam kitabnya ‘Addiroyah’, dan yg lainnya. (Kitab Irwa’ul Gholil 1/305).
Meskipun hadits ini dari segi sanad lemah, akan tetapi dari segi makna tetap shohih, karena adanya hadits lain yg semakna dengan hadits ini, seperti hadits Ali -rodliallohu anhu- yg artinya: “Sesungguhnya dua benda ini (emas dan sutra), diharamkan atas umatku yg laki-laki”. (Lihat hadits no: 8, dan lihat pula bagaimana Syeikh Albani tetap menshohihkan hadits Abu Musa ini dalam kitab beliau Irwa’ul Gholil 1/305).
Intinya: Kalaupun kita katakan hadits Abu Musa ini ma’lul karena sanadnya terputus, itu tidak mempengaruhi keshohihan hadits-hadits lainnya -yang jumlahnya sangat banyak- mengenai haramnya sutra bagi laki-laki, wallohu a’lam.
2. Nabi -sholallahu alaihi wassalam- pernah melihat sahabat yang menggunakan sutra tetapi tidak melarang.
Jika yg dimaksud dg Sahabat tersebut adalah Abdurrohman bin Auf dan Az-Zubair (lihat hadits no: 9), maka jawabannya: mereka berdua diijinkan oleh Nabi -shollallohu alaihi wasallam- karena adanya udzur (sakit kudis)… Sekiranya tidak ada udzur tersebut, tentunya hukum haramnya sutra tetap berlaku bagi keduanya.
Lihatlah bagaimana Nabi -shollallohu alaihi wasallam- mengingkari Ali dan Usamah yg memakai baju sutra, karena tidak adanya udzur pada keduanya:
عن علي قال: أهديَتْ لرسول الله صلى الله عليه وسلم حلة سيراء، فبعث بها إليَّ، فلبستها فعرفت الغضب في وجهه، فقال: إني لم أبعث بها إليك لتلبسها، إنما بعثتُ بها إليك لتشققها خُمُراً بين النساء.
Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- pernah mendapatkan hadiah hullah siyaro (1 stel baju dari sutra), lalu beliau memberikannya kepadaku, lalu aku memakainya, maka ku lihat kemarahan pada wajah beliau, beliau mengatakan: “Sesungguhnya aku memberikannya kepadamu agar kamu bagi-bagi menjadi banyak jilbab kepada para wanita”. (HR. Muslim: 2071. Lihat hadits ini dg redaksi lain di Shohih Bukhori 5840, dan Shohih Muslim: 2071)).
عن ابن عمر: أُتِيَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحُلَلٍ سِيَرَاءَ، فَبَعَثَ إِلَى عُمَرَ بِحُلَّةٍ، وَبَعَثَ إِلَى أُسَامَةَ بْنِ زَيْدٍ بِحُلَّةٍ، وَأَعْطَى عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ حُلَّةً، وَقَالَ: «شَقِّقْهَا خُمُرًا بَيْنَ نِسَائِكَ»… وَأَمَّا أُسَامَةُ فَرَاحَ فِي حُلَّتِهِ، فَنَظَرَ إِلَيْهِ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ نَظَرًا عَرَفَ أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَدْ أَنْكَرَ مَا صَنَعَ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ، مَا تَنْظُرُ إِلَيَّ، فَأَنْتَ بَعَثْتَ إِلَيَّ بِهَا، فَقَالَ: «إِنِّي لَمْ أَبْعَثْ إِلَيْكَ لِتَلْبَسَهَا، وَلَكِنِّي بَعَثْتُ بِهَا إِلَيْكَ لِتُشَقِّقَهَا خُمُرًا بَيْنَ نِسَائِكَ»
Dari Ibnu Umar: Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- pernah dihadiahi banyak hullah siyaro’, lalu beliau memberikan kepada Umar satu hullah, memberikan kepada Usamah bin Zaid satu hullah, dan memberikan kepada Ali bin Abi Tholib satu hullah seraya mengatakan: “Bagikanlah kepada wanita-wanitamu!”… Adapun Usamah, maka ia pun memakai hullahtersebut untuk pergi, maka Rosululloh -shollallohu alaihi wasallam- memandangnya dg pandangan yg ia tahu bahwa beliau telah mengingkari tindakannya, ia pun bertanya: “Wahai Rosululloh, mengapa engkau memandangku (seperti itu), bukankah engkau yg memberikan hullah ini kepadaku?!”. Maka beliau pun menjawab: “Aku memberikannya kepadamu bukan untuk kamu pakai, akan tetapi aku memberikannya kepadamu agar kamu membagi-baginya menjadi banyak jilbab kepada para wanitamu” (HR. Muslim: 2068)
Intinya: Nabi -shollallohu alaihi wasallam- membolehkan sebagian sahabat memakai sutra, karena adanya udzur… Sekiranya tidak ada udzur tentunya akan beliau ingkari, sebagaimana beliau terapkan kepada Ali dan Usamah -rodliallohu anhuma-.
3. Ada sahabat yang menggunakan imamah berwarna hitam dari sutra tapi tidak dilarang oleh Nabi -shalallahu alaihi wassalam-.
Jika yg dimaksud adalah hadits berikut ini:
عن عَبْد اللَّهِ بْن سَعْدٍ، عَنْ أَبِيهِ سَعْدٍ، قَالَ: رَأَيْتُ رَجُلًا بِبُخَارَى عَلَى بَغْلَةٍ بَيْضَاءَ، عَلَيْهِ عِمَامَةُ خَزٍّ سَوْدَاءُ، فَقَالَ: كَسَانِيهَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.
Dari Abdulloh bin Sa’ad, dari Sa’ad -ayahnya-, ia mengatakan: Aku pernah melihat seorang laki-laki di Kota Bukhoro sedang berada di atas bagal betina (turunan kuda jantan dg keledai betina), ia memakai imamah hitam dari sutra campuran, ia mengatakan:  “Yang memberiku pakaian ini adalah Rosululloh -shollallohu alahi wasallam-. (HR. Abu Dawud: 4038)
Maka jawabannya:
(1) Hadits tersebut lemah dari sisi sanadnya, berikut nukilan para ulama’ yg melemahkannya:
قال ابن القطان: عبد الله بن سعد وأبوه لا تعرف حالهما. (بيان الوهم والإيهام 2/607)… وقال الذهبي: سعد بن عثمان الرازي الدَّشْتَكي عن صحابي رآه ببخارى، لا يُدرَى من هما، تفرَّد عن سعدٍ ولدُه عبد الله. (ميزان الاعتدال 2/124)… وقال الشيخ الألباني: ضعيف الإسناد. (ضعيف سنن أبي داود 1/328)… وقال الشيخ عبد المحسن العباد: الحديث ضعيف؛ لأن في إسناده من هو متكلَّم فيه. (شرح سنن أبي داود 3/453).
Ibnul Qotton: “Abdulloh bin Sa’ad dan ayahnya, tidak diketahui keadaannya”. (Bayanul Wahmi Wal Iham 2/607)
Adz-Dzahabi: “Sa’ad bin Utsman Arrozi Addasytaki, dari seorang sahabat yg dilihatnya di Kota Bukhoro, tidak diketahui siapakah mereka berdua. Tidak ada yg meriwayatkan dari Sa’ad kecuali anaknya yg bernama Abdulloh”. (Mizanul I’tidal 2/124).
Syeikh Albani: “(Hadits ini) sanadnya lemah”. (Dlo’if Sunan Abi Dawud 1/328)
Syeikh Abdul Muhsin Al-Abbad: “Hadits ini lemah, karena di sanadnya ada perowi yg mendapatkan kritikan”. (Syarah Sunan Abi Dawud 3/453).
(2) Jika dikatakan riwayat tersebut sanadnya jayyid, maka sanggahannya: bahwa redaksi “memberikan pakaian” bukan berarti “membolehkan untuk dipakai”… Sebagaimana beliau “memberikan pakaian” hullah siyaro’ (1 stel baju dari sutra), kepada: Umar, Ali, dan Usamah -rodliallohu anhum-, akan tetapi beliau tetap tidak membolehkan mereka memakainya, beliau memerintahkan ketiganya untuk membagikannya kepada para wanita mereka. (Lihat jawaban ini dalam kitab Nailul Author 2/100).
KETUJUH:
Kesimpulan dari uraian diatas:
(1) Sutra yg diharamkan bagi laki-laki adalah sutra yg terbuat dari kepompong ulat sutra, adapun sutra sintesis, maka tidak diharamkan walaupun sebaiknya dijauhi.
(2) Ada banyak ulama’ menukil Ijma’ haramnya sutra bagi laki-laki.
(3) Hadits yg menerangkan haramnya sutra bagi laki termasuk hadits mutawatir, tidak diragukan lagi keshohihannya.
(4) Sutra dibolehkan bagi laki-laki, dalam dua keadaan: Pertama: ada udzur (seperti sakit kudis). Kedua: dalam batasan maksimal empat jari.
(5) Sutra pernah dihalalkan di zaman awal Islam, sebelum akhirnya diharamkan bagi laki-laki.
(6) Jika ada yg mengatakan bahwa ada sebagian sahabat yg memakai sutra, maka kita katakan bahwa ada juga sahabat yg melarang memakainya… Dan perbuatan seorang sahabat tidak bisa dijadikan hujjah/dalil selama masih ada pertentangan diantara mereka.
Sekian jawaban pertanyaan ini, wallohu a’lam… Semoga bermanfaat bagi kita semuanya, amin…
وصلى الله وسلم وبارك على نبينا محمد وعلى آله وصحبه ومن تبعهم بإحسان إلى يوم الدين,

والحمد لله رب العالمين.

Comments

Popular posts from this blog

Perbedaan Antara Khuluq dan Khalq

Kata khuluq berarti suatu perangai (watak, tabiat) yang menetap kuat dalam jiwa seseorang dan merupakan sumber timbulnya perbuatan-perbuatan tertentu dari dirinya, secara mudah dan ringan, tanpa perlu dipikirkan atau direncanakan sebelumnya.

Mendoakan Orang Lain

Seperti biasa, pada sepertiga malam terakhir, Sayyidah Fathimah — putri kesayangan Rasulullah saw senantiasa melaksanakan shalat tahajud di rumahnya. Terkadang, ia menghabiskan malam-malamnya dengan qiamu lail dan doa . Hasan bin Ali, putranya, sering mendengar munajat sang bunda.